Informasi Kesehatan

Ini 6 Manfaat Passion Flower untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

BlueCrown_592830992.SHUT_.jpg

Bolehkah Menggunakan Hair Mask Setiap Hari? Ini Faktanya

“Rekomendasi pemakaian hair mask akan tergantung pada kondisi…

8 Makanan Penyebab Keputihan yang Perlu Dibatasi

Makanan penyebab keputihan merupakan makanan yang menyebabkan peningkatan…

Langkah Diagnosis Kutil Kelamin yang Perlu Diketahui

"Kutil kelamin adalah penyakit menular seksual yang ditandai…

“Passion flower menjadi salah satu tanaman herbal yang memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Manfaatnya mulai dari menurunkan kecemasan, meningkatkan kualitas tidur, hingga menurunkan kadar stres dalam tubuh.”

Passion flower adalah bunga berwarna putih dengan memiliki corak ungu di tengahnya. Bunga ini merupakan tanaman rambat yang banyak ditemui di Amerika Utara.

Bunga ini bisa dikonsumsi dan terkenal mengandung berbagai senyawa yang baik untuk kesehatan tubuh. Nah, mau tahu apa saja manfaat passion flower untuk kesehatan? Berikut ulasannya!

Berbagai Manfaat Passion Flower untuk Kesehatan

Passion flower bisa kamu konsumsi dalam bentuk teh herbal. Hampir seluruh bagian dari tanaman ini bisa kamu keringkan untuk dijadikan minuman herbal. Mulai dari bunga, daun, hingga batang tanaman.

Jika bunga ini dikonsumsi dengan cara yang tepat tepat dan rutin, passion flower dapat memberikanmu sejumlah manfaat untuk kesehatan, seperti:

1. Menurunkan gangguan kecemasan

Berbagai kandungan dalam tanaman herbal ini mampu menurunkan gangguan kecemasan, gangguan saraf, dan insomnia. 

Menurut studi dalam International Journal of Biomedical Science, berjudul Passionflower Extract Induces High-amplitude Rhythms without Phase Shifts in the Expression of Several Circadian Clock Genes in Vitro and in Vivo, mengatakan bahwa ekstrak passion flower mampu meningkatkan kadar dopamine, sehingga meningkatkan atau memperbaiki irama sirkadian melalui peningkatan amplitudo irama sirkadian secara genetik.

Ketika irama sirkadian dalam tubuh terganggu, kondisi ini dapat memicu gangguan tidur yang meningkatkan risiko gangguan kecemasan. Namun, saat irama sirkadian berfungsi baik, maka berbagai gangguan tidur dan gangguan kesehatan mental pun dapat dihindari.

2. Membuat tidur menjadi lebih berkualitas

Mengonsumsi passion flower sebagai teh herbal nyatanya bisa membantu meringankan insomnia dan gangguan tidur lainnya. Hal tersebut karena tanaman herbal ini mengandung asam gamma-aminobutyric (GABA) sehingga mampu meningkatkan kadarnya di dalam otak.

Senyawa ini dapat membantu menurunkan aktivitas otak, sehingga membantu tidur menjadi lebih rileks dan nyenyak. Dengan begitu, tidur menjadi lebih berkualitas.

Dalam jurnal Phytotherapy Research dengan judul A Double-blind, Placebo-controlled Investigation of the Effects of Passiflora incarnata (Passionflower) Herbal Tea on Subjective Sleep Quality, beberapa subjek penelitian diberikan teh herbal dengan jenis passion flower ungu selama tujuh hari. Hasilnya, para peserta yang berusia dewasa merasa gangguan tidur ringan dapat teratasi.

3. Mengatasi rasa tidak nyaman pada perut

Kandungan aktivitas anti ulserogenik di dalam bunga ini, mampu mengatasi rasa tidak nyaman pada perut akibat penyakit maag atau asam lambung. Agar bisa mendapatkan manfaat ini, sebaiknya konsumsi passion flower dalam bentuk teh herbal. 

Kamu bisa memanfaatkan bagian daun dan batang yang telah dikeringkan sebagai bahan dasar pembuat teh. 

4. Menurunkan tingkat stres

Ada berbagai cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi stres, salah satunya dengan mengonsumsi teh herbal, seperti passion flower.

Tanaman herbal ini mampu membantu menurunkan kadar stres karena kandungan senyawa alami yaitu asam gamma-aminobutyric (GABA) di dalamnya. GABA mampu membantu untuk meredakan cemas dan membuat tubuh menjadi lebih rileks.

5. Mengatasi gangguan menopause

Ketika memasuki menopause, biasanya wanita akan mengalami beberapa kondisi, seperti perubahan suasana hati. Nah, mengonsumsi teh herbal ini secara rutin bisa membantu kamu memiliki suasana hati lebih baik. Sehingga, gejala gangguan menopause dapat diatasi dengan baik.

6. Mengatasi peradangan dalam tubuh

Peradangan atau inflamasi menjadi tanda tubuh melakukan pertahanan pada benda-benda asing yang masuk ke dalam tubuh. Biasanya, saat terjadi peradangan, tubuh akan mengalami kemerahan dan pembengkakan.

Nah, mengonsumsi teh herbal passion flower dipercaya bisa meredakan peradangan karena bunga ini bersifat anti peradangan. Namun, penelitian masih perlu dilakukan terhadap manfaat ini.

Cara Mengonsumsi Passion Flower

Sebelum mengonsumsi teh herbal, pastikan untuk bertanya pada dokter mengenai manfaat dari teh herbal ini. Kamu juga perlu mengetahui cara mengonsumsi teh passion flower secara tepat agar manfaatnya bisa kamu rasakan dengan baik.

Untuk mengonsumi passion flower dalam bentuk teh, kamu disarankan untuk mengonsumsi 4-8 gram tanaman herbal ini yang telah dikeringkan. Sedangkan untuk mengonsumsi dalam bentuk ekstrak cair, kamu hanya diperbolehkan sebanyak 10-30 tetes setiap kali konsumsi.

Pastikan tidak berlebihan saat mengonsumsi teh herbal ini karena dapat memicu efek samping pada kesehatan, seperti pusing, mual, hingga muntah. 

 

Sumber :    Halodoc    . . com

Konsultasikan masalah kesehatan Anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung telah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna