Informasi Kesehatan

Pakai Toner Dulu atau Serum? Ini Jawabannya

27April_Mengapa_Perlu_Pakai_Toner_thumb.jpg

Senam Wajah agar Simetris, Inilah Cara Melakukannya

Senam wajah agar simetris menjadi salah satu perawatan…

Manfaat Lidah Buaya untuk Flek Wajah Hitam, Ini Faktanya

Manfaat lidah buaya untuk flek wajah hitam sayang…

Jangan Keliru, Ini Manfaat dan Cara Menggunakan Hair Mask dengan Tepat

“Hair mask mampu menutrisi dan melembapkan rambut serta…

Pakai toner dulu atau serum, mungkin menjadi hal yang membingungkan bagi beberapa orang. Kedua skincare ini mengandung bahan aktif dan tujuan penggunaan yang berbeda. Jadi, keduanya perlu dipakai sesuai dengan urutan yang benar.

Kulit wajah yang sehat dan bebas dari masalah dapat diwujudkan dengan rutin menggunakan produk perawatan kulit. Ada beragam produk yang dapat Anda gunakan, seperti sabun wajah, pelembap, sunscreen, toner, serum, dan masker. Di antara banyaknya jenis produk ini, sering kali orang bingung untuk menggunakan toner dulu atau serum.

Kenali Perbedaan Toner dan Serum

Sebelum mengetahui urutan penggunaan toner dulu atau serum, Anda perlu pahami perbedaan di antara kedua skincare tersebut. Toner adalah produk skincare tambahan yang berbahan dasar air. Di dalam toner umumnya terkandung AHA, BHA, asam salisilat, hyaluronic acid, atau air mawar.

Fungsi utama toner adalah menghilangkan sisa minyak dan kotoran yang tertinggal di pori-pori wajah. Bahan aktif yang terkandung di dalam toner dapat memberikan kelembapan ekstra pada kulit Anda sekaligus menyeimbangkan keasaman kulit Selain itu, toner juga berperan dalam mempersiapkan kulit untuk langkah skincare selanjutnya.

Sementara itu, serum adalah produk skincare tambahan dengan konsistensi yang lebih kental, tetapi terasa ringan saat digunakan. Serum umumnya mengandung konsentrasi bahan aktif yang lebih tinggi dan setiap produknya ditujukan untuk jenis atau masalah kulit yang berbeda-beda.

Contohnya, serum vitamin C dapat digunakan untuk mencerahkan dan meratakan warna kulit. Ada pula serum niacinamide yang bermanfaat untuk menyamarkan garis-garis halus, mengurangi jerawat, mengecilkan pori-pori, serta mengontrol produksi minyak berlebih.

Jadi, Pakai Toner Dulu atau Serum?

Prinsip utama dalam urutan memakai skincare adalah dimulai dari konsistensi yang cair hingga kental. Hal ini bertujuan agar produk dengan formulasi yang ringan dapat terserap dengan maksimal ke dalam kulit.

Jika produk skincare dengan konsistensi kental digunakan lebih dulu, akan terbentuk penghalang di dalam kulit yang dapat menghambat penyerapan produk skincare cair. Urutan ini akan membuat produk skincare cair tidak terserap ke dalam kulit dengan maksimal.

Jadi, jawaban dari pertanyaan pakai toner dulu atau serum adalah toner terlebih dahulu kemudian dilanjutkan dengan serum. Toner memiliki konsistensi cair sehingga lebih tepat digunakan sebelum serum.

Anda bisa menggunakan toner, serum, dan dilanjutkan dengan menggunakan rangkaian perawatan kulit lainnya, yakni sebagai berikut:

  • Bersihkan wajah dengan sabun cuci muka yang sesuai dengan jenis kulit, lalu keringkan.
  • Tuangkan toner ke kapas, lalu usapkan ke seluruh permukaan wajah. Toner juga tersedia dalam kemasan botol semprot yang lebih praktis digunakan.
  • Gunakan obat totol (spot treatment) untuk mengatasi jerawat.
  • Gunakan serum yang sesuai kebutuhan kulit.
  • Gunakan pelembap yang mengandung ceramideglycerinshea butter, atau hyaluronic acid.

Pada rangkaian skincare pagi, Anda dianjurkan menggunakan sunscreen setelah memakai pelembap. Penggunaan sunscreen penting untuk melindungi kulit wajah dari bahaya sinar UV, seperti sunburn, penuaan dini, bahkan kanker kulit.

Setelah mengetahui jawaban dari pertanyaan pakai toner dulu atau serum, kini Anda tidak perlu bingung lagi tentang urutan menggunakan kedua skin care ini. Jika Anda kesulitan untuk menentukan produk toner dan serum yang sesuai untuk jenis dan permasalahan kulit, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter.

Sumber :    ALODOKTER  . . com

Konsultasikan masalah kesehatan Anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung telah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna.