Informasi Kesehatan

Resep Mie Pedas Level Ala Restoran yang Bisa Dibuat di Rumah

pasta_cover-640x426-x.jpg

Ini Makanan Sumber Vitamin K yang Wajib Diketahui

“Vitamin K merupakan nutrisi yang penting untuk kesehatan…

Manfaat Air Kelapa Hijau bagi Kesehatan

Manfaat air kelapa hijau tidak hanya sebatas pelepas…

Ini Cara Sederhana untuk Membuat Minyak Kelapa Murni di Rumah

“Minyak kelapa dapat membantu mengurangi rasa lapar, meningkatkan…

“Mie pedas level menjadi salah satu hidangan yang sangat diminati beberapa waktu terakhir. Sekarang, kamu bisa membuat menu satu ini di rumah cukup dengan mengikuti resep mie pedas level ala restoran berikut ini.”

Mie pedas adalah salah satu jenis hidangan yang sangat populer beberapa waktu ini. Mie dengan cita rasa pedas dan khas ini hadir dalam berbagai level pedas, mulai dari tidak pedas hingga sangat pedas.

Sekarang, kamu bisa mencoba membuat sendiri menu ini dengan mengikuti resep mie pedas yang pastinya mudah dan sama enaknya dengan menu restoran.

Rekomendasi Resep Mie Pedas Level Ala Restoran

Sebenarnya, tidak sulit untuk membuat mie pedas level seperti menu restoran yang terkenal. Bahan yang kamu butuhkan juga sangat mudah untuk kamu temukan dengan harga yang cukup terjangkau. 

Jika tertarik ingin mencoba membuat menu ini, kamu bisa mengikuti resep mie pedas berikut: 

Bahan-bahan:

  • 300 gram mie basah ukuran kecil (1 bungkus mie telur).
  • Daun bawang secukupnya, iris.
  • Kulit pangsit secukupnya, potong dan goreng. 
  • Bisa menggunakan taburan ayam untuk Cwie Mie Khas Malang atau taburan ayam bakmi.
  • 15-20 siung bawang merah, iris.
  • 200 mililiter minyak.

Bahan sambal:

  • 150 gram cabe rawit merah.
  • 1/2 sdt garam.
  • 1/2 sdt penyedap.
  • 50 mililiter air.
  • Minyak untuk menumis secukupnya.

Bumbu mie:

  • 2 sdt kecap asin.
  • 1 sdt kecap ikan (opsional). 
  • 1/8 sdt penyedap.
  • 1/8 sdt lada.
  • 2 sdm minyak bawang.

Cara membuat:

  1. Siapkan taburan ayamnya. Lalu, buat minyak bawang dengan mengiris bawang lalu goreng hingga kuning keemasan. Pisahkan antara bawang goreng dan minyaknya.
  2. Untuk sambalnya, goreng cabai rawit (10 butir sudah terasa sangat pedas) hingga layu, kemudian uleg beserta semua bahan sambal lainya. Sisihkan.
  3. Rebus mie lalu campur semua bahan bumbu mie dan sisihkan. Selanjutnya, masukkan kecap asin ke piring saji. Tambahkan mie, lalu aduk rata.
  4. Beri topping sambal, taburan ayam, bawang goreng, daun bawang dan kerupuk pangsit. Aduk rata, dan mie pedas level ala restoran siap kamu nikmati. 

Batas Wajar Konsumsi Mie Pedas

Mie pedas dapat menjadi makanan yang lezat dan menggugah selera. Akan tetapi, mengonsumsinya secara berlebihan dapat berdampak negatif pada kesehatan.

Hal ini karena makanan tersebut cenderung mengandung banyak kalori dan gula dari bumbu dan saus yang memicu obesitas dan masalah kesehatan terkait gula darah. 

Terkait kalori, mie pedas level memiliki kalori mencapai 621 kalori dalam satu porsi. Semakin sering mengonsumsinya, semakin tinggi pula risiko mengalami berat badan berlebih. 

Selain itu, bumbu pedas dalam mie sering mengandung garam dan lemak yang tinggi. Konsumsi garam berlebihan dapat menyebabkan masalah tekanan darah tinggi, sementara lemak jenuh dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

Mie pedas juga dapat menyebabkan iritasi pada lambung dan saluran pencernaan, terutama bagi pengidap GERD atau penyakit asam lambung yang perlu menghindari konsumsi makanan pedas. 

Karena itu, penting untuk membatasi konsumsi hidangan ini. Sebagai contoh, jika kamu sedang ingin menikmatinya, pastikan untuk makan hidangan ini seminggu sekali saja. 

Sebagai gantinya, sebaiknya makan dengan menu yang lebih bervariasi dan seimbang. Termasuk berbagai jenis makanan yang kaya nutrisi, seperti sayuran, buah-buahan, protein sehat, dan sumber karbohidrat yang lebih baik seperti nasi merah atau gandum utuh. 

 

sumber: Halodoc     . . com

Konsultasikan masalah kesehatan Anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung telah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna