Informasi Kesehatan

Ini 5 Rekomendasi Suplemen Asam Folat untuk Bumil

CWH2490708.jpg

Mudah Menangis Saat Hamil, Normalkah?

Mudah menangis saat hamil dapat dialami oleh sebagian…

Ini Posisi Tidur Ibu Hamil Muda yang Aman dan Nyaman

Mengetahui posisi tidur ibu hamil muda yang disarankan…

Cek Fakta: Apakah Obat Pelancar Haid Bisa Gugurkan Kandungan?

  “Sebenarnya, obat pelancar haid tidak diketahui efektivitasnya…

“Bumil perlu mencukupi asupan asam folat untuk mencegah masalah tumbuh kembang pada janin. Beberapa rekomendasi produknya, yaitu Blackmores I-Folic, Folamil Genio, Folavit, Folavicap, dan Hy-Folic.”

Asam folat adalah versi sintetis dari vitamin folat atau yang juga dikenal sebagai vitamin B9. Jenis vitamin ini berguna untuk membantu tubuh membuat sel darah merah yang sehat.

Bagi ibu hamil, asam folat dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan otak, tengkorak, serta sumsum tulang belakang janin di dalam kandungan. Vitamin ini juga mampu mencegah cacat tabung saraf seperti spina bifida.

Rekomendasi Suplemen Asam Folat untuk Ibu Hamil

Asam folat tak hanya diperlukan selama kehamilan berlangsung, tetapi juga masa sebelum kehamilan. Calon ibu membutuhkan 400 mcg asam folat setiap hari sampai kehamilannya menginjak 12 minggu.

Ini beberapa rekomendasi produk asam folat yang bisa ibu konsumsi:

1. Blackmores I-Folic 60 Table

Blackmores I-Folic menjadi rekomendasi produk asam folat pertama yang berisi 60 tablet. Suplemen ini berisi kombinasi antara yodium dan asam folat yang berperan dalam menjaga pertumbuhan dan perkembangan bayi.

Asupan asam folat yang cukup disertai dengan diet gizi seimbang dapat mengurangi resiko neural tube defect pada janin. Yodiumnya sendiri berperan penting untuk menyeimbangkan kadar hormon tiroid.

Rentang harga: Rp113.100 – Rp116.500 per botol.

2. Folamil Genio 30 Kapsul

Folamil Genio tersedia dalam bentuk kapsul dan mengandung asam dokosaheksaenoat (DHA), multivitamin, dan mineral yang diperlukan bumil. Kombinasi dari nutrisi tersebut berperan penting dalam perkembangan sistem saraf dan otak janin. 

Penggunaan Folamil Genio harus sesuai dengan petunjuk dan rekomendasi dari dokter dan tidak disarankan untuk ibu hamil yang mengidap hipersensitif. Umumnya dikonsumsi 1 kapsul lunak per hari setelah makan.

Rentang harga: Rp154.800 per botol

3. Folavit 400 mcg 10 Tablet

Folavit 400 mcg 10 Tablet adalah suplemen asam folat yang berfungsi untuk membantu memelihara sistem saraf, dan membantu proses pembentukan sel darah merah.

Folavit bisa dikonsumsi sebelum atau setelah makan, tetapi tidak bisa dipakai sebagai obat tunggal pada terapi anemia pernisiosa dan defisiensi vitamin B12. Suplemen ini juga tidak bisa dipakai untuk tujuan terapi jangka panjang.

Rentang harga: Rp12.600 – Rp13.700 per strip.

4. Folavicap 1000 mcg 10 Tablet

Fungsi utama dari Folavicap 1000 mcg 10 Tablet adalah membantu proses perkembangan otak dan saraf janin. Suplemen ini juga berguna untuk membantu memproduksi asam deoksiribonukleat (DNA) dan pembentukan sel darah merah.

Folavicap tersedia dalam dua varian dosis, yaitu Folavicap 400 mcg dan Folavicap 1000 mcg. Kamu bisa menggunakannya salah satunya sesuai dengan kebutuhan. Ibu hamil bisa mengonsumsi 1 tablet per hari dalam ukuran 1000 mcg.

Rentang harga: Rp22.200 – Rp28.000 per strip.

5. Hy-Folic 2 Strip (6 Tablet/Strip)

Rekomendasi suplemen asam folat yang terakhir adalah merek Hy-Folic 2 Strip (6 Tablet/Strip). Suplemen ini berfungsi untuk mencegah sekaligus mengobati defisiensi folat, termasuk darah rendah (anemia).

Dosis penggunaannya dan jangka waktunya akan tergantung dari gangguan yang mendasari. Suplemen ini biasanya dikonsumsi dalam rentang waktu 4 minggu hingga 4 bulan lamanya.

Rentang harga: Rp56.700 – Rp60.200 per 2 strip.

 

sumber: Halodoc     . . com

Konsultasikan masalah kesehatan Anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung telah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna