Informasi Kesehatan

Begini Cara Ampuh Mencegah Timbulnya Biang Keringat

biang-keringatjpg-20230502024110.jpg

7 Hal Ini Bisa Sebabkan Polip Hidung

“Polip hidung adalah kondisi medis yang bisa terjadi…

6 Jenis Operasi Otak Beserta Kondisi yang Memerlukannya

Operasi otak merupakan salah satu metode penanganan terhadap…

Jangan Diabaikan, Ini Bahaya Diare pada Lansia

“Adanya faktor usia menyebabkan diare pada lansia bisa…

“Biang keringat terjadi karena penyumbatan kelenjar keringat yang menimbulkan iritasi kulit akibat panas dan lembap. Cegah dengan berada di lingkungan yang sejuk, kenakan pakaian longgar, dan mandi air dingin.”

 

Biang keringat memiliki nama lain ruam panas, ruam keringat, atau miliaria rubra. Masalah ini rentan terjadi pada anak-anak karena kelenjar keringatnya yang masih berkembang.

Biang keringat menimbulkan sensasi tidak nyaman, perih, dan gatal pada kulit. Hal ini disebabkan oleh penyumbatan kelenjar keringat yang menyebabkan keringat terperangkap di bawah permukaan kulit.

Ketahui tips mencegah munculnya biang keringat dengan membaca artikel ini sampai akhir, yuk!

Tips Mencegah Munculnya Biang Keringat

Biang keringat ditandai dengan benjolan merah dan gatal di bawah lapisan kulit, di tempat terperangkapnya keringat. Masalah ini umumnya muncul di area leher, bahu, dada, dan lipatan kulit.

Terkadang biang keringat juga muncul sebagai lepuhan yang berukuran sangat kecil. Lepuhan ini muncul sebagai reaksi kulit terhadap keringat yang merembes di antara lapisan-lapisannya. 

Dalam beberapa kasus, pengidap biang keringat juga dapat mengembangkan pustula di kulitnya. Kondisi ini dikenal dengan nama miliaria pustulosa yang mengindikasikan adanya infeksi bakteri.

Nah, cara terbaik untuk mencegah munculnya biang keringat, antara laini:

1. Berada di lingkungan yang sejuk

Lingkungan yang sejuk dapat mengurangi tingkat kelembaban dan panas yang memicu penyumbatan kelenjar keringat. Udara sejuk juga membantu menstabilkan suhu tubuh dan memperlambat produksi keringat. 

Dengan kondisi tersebut, keringat yang dihasilkan oleh kelenjar menjadi lebih mudah menguap. Hal itu bisa menjaga kulit tetap kering dan mengurangi kemungkinan terjadinya penyumbatan pada kelenjar keringat.

Ini beberapa rekomendasi produk jika mengalami biang keringat yang tak kunjung membaik: Ini 5 Rekomendasi Obat Biang Keringat yang Ampuh untuk Dewasa.

2. Kenakan pakaian longgar

Pakaian longgar memiliki sirkulasi udara yang lebih baik dan tidak menyebabkan gesekan antara kulit dengan pakaian. Hal inilah yang bisa meningkatkan risiko terjadinya penyumbatan pada kelenjar keringat. 

Mengenakan pakaian longgar juga dapat membantu menjaga suhu tubuh tetap stabil dan mencegah terlalu banyak produksi keringat. Untuk mendapatkan manfaatnya, sebaiknya kamu memilih pakaian dari bahan katun atau rayon.

3. Jaga kulit tetap kering

Kulit kering kurang rentan terhadap penyumbatan kelenjar keringat, yang merupakan penyebab utama munculnya biang keringat. Sebaliknya, jika kulit lembap risiko penyumbatan pori-pori menjadi lebih tinggi.

Menjaga kulit tetap kering juga membantu mencegah pertumbuhan bakteri dan jamur yang dapat berkembang pada area kulit yang lembap. Cara ini dapat mengurangi risiko iritasi dan peradangan yang terkait dengan biang keringat. 

4. Lakukan perawatan kulit

Menjaga kebersihan kulit secara teratur dapat membantu mencegah penumpukan keringat, debu, dan bakteri. Hal tersebut dapat menjadi pemicu sumbatan pori-pori kelenjar keringat. 

Selain itu, penggunaan pelembap dan krim antiiritasi pada kulit dapat membantu menjaga kelembaban kulit. Cara ini juga bisa mengurangi gesekan yang dapat menyebabkan iritasi. 

Jangan oleskan produk apa pun, terutama yang mengandung pewangi jika memiliki risiko tinggi terkena biang keringat. Sebab, kandungan tersebut berisiko menyumbat kelenjar keringat dan memicu biang keringat.

5. Mandi air dingin

Air dingin membantu menurunkan suhu tubuh, sehingga mengurangi produksi keringat. Hal ini bisa mencegah penyumbatan pada kelenjar keringat dan dapat membantu mencegah munculnya biang keringat.

Mandi air dingin juga memiliki efek menyegarkan dan relaksasi, yang dapat membantu mengurangi peradangan dan rasa gatal pada kulit. Cara ini bisa memberikan sensasi kelegaan, terutama pada area kulit yang rentan terhadap biang keringat.

sumber: Halodoc . . com

Konsultasikan masalah kesehatan Anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung telah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurnaa