Informasi Kesehatan

Ini 8 Manfaat Thai Massage untuk Kesehatan dan Kebugaran

manfaat-thai-massage-bagi-tubuh-20230216023639.jpg

Waspada Rabies, Ini 7 Langkah Penanganan Luka Gigitan Anjing

“Kesadaran akan ancaman rabies penting, dan langkah-langkah penanganan…

6 Tips Tahan Emosi saat Terjebak Macet di Jalan

“Ada beberapa tips tahan emosi jika kamu sering…

Cara Menghilangkan Daki dengan Bahan Alami

Cara menghilangkan daki dengan mandi menggunakan sabun saja…

 

“Thai massage adalah salah satu teknik pijat yang bisa kamu coba untuk tingkatkan kebugaran. Metode ini menggabungkan unsur-unsur dari akupresur, yoga pasif, dan stretching.”

Tubuh yang lelah dan otot yang menegang tentunya bisa menurunkan kebugaran. Salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasinya adalah massage alias pijat.

Sebenarnya, ada berbagai jenis massage yang bisa kamu coba untuk meningkatkan kebugaran. Misalnya Thai massage, yakni teknik pijat yang berasal dari negeri gajah putih yang terkenal mampu meningkatkan kesehatan dan kebugaran.

Apa Itu Thai Massage?

Thai massage atau juga dikenal sebagai Nuad Bo-Rarn di Thailand, adalah bentuk terapi fisik yang berasal dari tradisi pengobatan Thailand kuno. 

Metode ini menggabungkan unsur-unsur dari acupressure, yoga pasif, dan stretching. Terapis menggunakan telapak tangan, jari, siku, dan bahkan lutut untuk menekan titik-titik energi di tubuh.

Sembari menekan, terapis juga akan membimbing pelanggan untuk melakukan serangkaian gerakan yoga. 

Selain membuat tubuh rileks, thai massage juga mampu mengoptimalkan aliran energi di dalam tubuh, memulihkan keseimbangan, dan menurunkan ketegangan.

Manfaat Thai Massage untuk Kesehatan dan Kebugaran

Berikut berbagai manfaat thai massage untuk kesehatan dan kebugaran yang perlu kamu ketahui:

1. Meningkatkan fleksibilitas

Salah satu manfaat paling mencolok dari thai massage adalah peningkatan fleksibilitas dan rentang gerak. 

Gerakan stretching dan yoga pasif selama thai massage membantu melonggarkan otot-otot dan sendi sekaligus meningkatkan kelenturan tubuh secara keseluruhan. 

Hal ini dapat bermanfaat bagi atlet, penari, atau siapa pun yang ingin meningkatkan performa fisik mereka.

2. Meredakan ketegangan otot

Teknik-teknik dalam thai massage, seperti penekanan pada titik-titik akupresur, dapat membantu meredakan ketegangan otot dan kelelahan. 

Pijatan juga mampu meningkatkan sirkulasi darah, mengurangi kekakuan otot, dan membantu pemulihan setelah aktivitas fisik atau stres berlebihan. 

3. Memperlancar sirkulasi darah

Thai massage dapat meningkatkan sirkulasi darah dan limfatik di seluruh tubuh. 

Teknik penekanan dan stretching membantu merangsang peredaran darah, serta memastikan suplai oksigen dan nutrisi yang cukup ke seluruh tubuh. 

Teknik pijat ini juga dapat membantu dalam pengeluaran toksin melalui sistem limfatik. Dengan begitu, proses detoksifikasi alami tubuh bisa lebih optimal. 

4. Memperbaiki postur tubuh

Pijatan dan stretching juga membantu memperbaiki postur tubuh. Caranya dengan merangsang otot-otot yang mungkin tegang atau tidak seimbang menjadi lebih rileks.

Thai massage juga membantu memperbaiki postur dan mengurangi ketidaknyamanan akibat postur tubuh yang buruk.

5. Mengurangi stres

Bukan hanya memberikan manfaat fisik tetapi juga memengaruhi kesejahteraan mental. 

Teknik-teknik pernapasan dan relaksasi yang terkait dengan thai massage dapat membantu mengurangi tingkat stres, meningkatkan suasana hati, dan menciptakan perasaan rileks dan damai. 

6. Meningkatkan energi dan vitalitas

Prinsip-prinsip thai massage, terutama dalam merangsang jalur energi yang dikenal sebagai “sen,” bertujuan untuk mengoptimalkan aliran energi di dalam tubuh. 

Cara ini dianggap dapat meningkatkan tingkat energi dan vitalitas. Orang yang mendapatkan massage diharapkan mampu menghadapi tugas-tugas sehari-hari dengan lebih baik setelahnya. 

7. Menstimulasi saraf

Thai massage juga mampu merangsang sistem saraf, terutama membantu meningkatkan fungsi sistem saraf otonom. Hal ini berdampak positif pada kualitas tidur dan mengurangi gejala insomnia.

Mengurangi sakit pinggang dan kekakuan sendi

Bagi kamu yang sering mengalami sakit pinggang atau kekakuan sendi, thai massage mampu menguranginya secara signifikan.

Gerakan dan tekanan dari terapis bisa membantu meredakan kekakuan sendi dan merilekskan otot-otot di sekitarnya.

 

sumber: Halodoc     . . com

Konsultasikan masalah kesehatan Anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung telah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna