Informasi Kesehatan

Ini Kadar Gula Darah yang Normal dalam Tubuh Berdasarkan Usia

cek-gula-darah_1691.jpeg

Awas, Ini Berbagai Komplikasi Bronkitis yang Perlu Diwaspadai

“Bronkitis yang dibiarkan tanpa penanganan bisa menimbulkan berbagai…

Penyakit Asam Lambung Sebabkan Kanker Esofagus, Mitos atau Fakta?

“Penyakit asam lambung atau gastroesophageal reflux disease (GERD)…

Fungsi Tulang Telapak Tangan dan Gangguan yang Dapat Terjadi

Fungsi tulang telapak tangan sangat penting dalam membentuk…

Kadar gula darah normal di dalam tubuh tidak boleh berlebihan. Sebab, ada banyak gangguan yang bisa terjadi jika masalah ini terjadi secara konstan, salah satunya diabetes. 

Penting untuk mengetahui kadar gula darah normal berdasarkan usia. Dengan begitu, kamu lebih paham angka ideal normal gula darah untuk diri sendiri. Berikut pembahasan lengkapnya!

Kadar Gula Darah Normal Menurut Usia

Kadar glukosa darah adalah jumlah glukosa yang seseorang miliki dalam aliran darahnya pada waktu tertentu. Seseorang yang memiliki kadar gula darah tinggi atau rendah bisa mengindikasikan terjadinya masalah kesehatan, dan mungkin membutuhkan perawatan medis. 

Itulah sebabnya mengapa perlu tahu kadar gula darah normal serta batas gula darah maksimal menurut usia. Jika terjadi peningkatan atau penurunan, tindakan yang tepat bisa segera kamu lakukan.

Kadar glukosa darah yang normal dapat kamu ukur saat berpuasa, makan, atau setelah makan. Untuk kadar glukosa darah normal pada orang dewasa sehat yang tidak makan kurang lebih 8 jam adalah kurang dari 100 mg/dL. Sementara itu, kadar glukosa darah normal pada objek yang sama dua jam setelah makan adalah 90 hingga 100 mg/dL.

Lantas, berapa kadar gula darah normal menurut usia? Berikut daftarnya:

1. Anak di bawah 6 tahun

Anak-anak di bawah usia 6 tahun harus memiliki kadar glukosa darah di kisaran 80-200 mg/dL setiap hari. Angka tersebut terbilang sehat dan jumlah glukosanya bisa berfluktuasi saat bangun tidur, makan, hingga sebelum tidur. 

Untuk lebih jelasnya, berikut rentang gula darah untuk anak di bawah 6 tahun:

  • Setelah puasa: >80 – 180 mg/dL.
  • Sebelum makan: 100 – 180 mg/dL
  • 1-2 jam setelah makan: 180 mg/dL.
  • Sebelum tidur: 110 – 200 mg/dL.

Mau tahu obat-obatan yang ampuh untuk menurunkan gula darah? Berikut rekomendasinya: “Ini 5 Rekomendasi Obat Diabetes untuk Menurunkan Gula Darah Tinggi

2. Anak usia 6-12 tahun

Pada rentang usia ini, kadar gula darah normal harus di kisaran 80-180 mg/dL per hari. Kadar gula darah dapat naik setelah makan akibat tubuh perlu memecah glukosa yang akhirnya menyebar ke seluruh aliran darah.

Berikut rentang normal gula darah pada anak usia 6-12 tahun:

  • Setelah puasa: >80 – 180 mg/dL.
  • Sebelum makan: 90 – 180 mg/dL.
  • 1-2 jam setelah makan: > 140 mg/dL.
  • Sebelum tidur: 100 – 180 mg/dL.

3. Usia 13-19 tahun

Kadar gula darah normal menurut usia 13-19 tahun berada di kisaran 70-150 mg/dL per hari. Remaja dengan kondisi gula darah tinggi perlu rutin memeriksa kadar gula darah, dan memperhatikan makanannya serta rutin berolahraga. 

Berikut adalah rincian normal gula darah pada remaja di atas 12 tahun:

  • Setelah puasa: >70 – 150 mg/dL.
  • Sebelum makan: 90 – 130 mg/dL.
  • 1-2 jam setelah makan: > 140 mg/dL.
  • Sebelum tidur: 90 – 150 mg/dL.

Selain informasi di atas, tidak kalah pentingnya untuk mengetahui juga faktor-faktor pemicu gula darah rendah. Baca selengkapnya di sini: “7 Penyebab Gula Darah Rendah yang Perlu Diwaspadai”.

4. Usia di atas 20 tahun

Gula darah normal usia dewasa berapa? Seseorang dengan usia di atas 20 tahun memiliki kadar gula darah normal di kisaran 100-180 mg/dL per hari. Saat bangun di pagi hari, gula darah harus berada di titik terendah karena tubuh belum makan selama sekitar 8 jam.

Kategori kadar gula rendah adalah saat angka pemeriksaannya kurang dari 100 mg/dL. Sudah memasuki kategori berbahaya jika angkanya di bawah 70 mg/dL.

Jelasnya lagi mengenai normal gula darah pada orang dewasa di atas 20 tahun bisa dicek di sini:

  • Setelah puasa: 70 – 100 mg/dL.
  • Sebelum makan: 70 – 130 mg/dL.
  • 1-2 jam setelah makan: < 180 mg/dL.
  • Sebelum tidur: 100 – 140 mg/dL.

5. Lansia

Orang yang berusia di atas 50 tahun memiliki kadar gula darah normal yang berbeda dengan usia lain. Berikut adalah level yang direkomendasikan:

  • Sebelum makan: < 100 mg/dL.
  • Setelah makan: <140 mg/dL.

Kadar gula darah pada lansia dianggap tinggi jika mencapai level 120-180 mg/dL 4-8 jam setelah makan. Dan masuk kategori rendah jika kadarnya 60-80 mg/dL di rentang waktu yang sama.

 

Sumber: halodoc. com

Konsultasikan masalah kesehatan Anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung telah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna.