Informasi Kesehatan

Ini 5 Manfaat Kulit Manggis dan Cara Mengonsumsinya

manfaat-buah-manggis.jpg

Selain untuk Kesuburan, Ini 13 Manfaat Toge untuk Kesehatan

“Taoge (toge) tidak hanya bermanfaat untuk kesuburan melainkan…

Inilah Makanan yang Baik untuk Penderita Vertigo

Selain mengonsumsi obat, ada beberapa makanan yang baik…

6 Makanan Khas Imlek yang Lezat dan Besaran Kalorinya

“Makanan khas Imlek amat beragam dan bercita rasa…

 

“Kulit manggis menjadi obat herbal yang cukup populer dan banyak diminati. Kandungan tinggi antioksidan di dalamnya bukan hanya menunjang kekebalan tubuh saja, tetapi juga mengatasi gangguan kesehatan lainnya.”

 Buah manggis menjadi salah satu buah dengan kandungan antioksidan paling tinggi ketimbang jenis buah lainnya. Namun, bukan hanya buahnya saja, kandungan antioksidan tinggi juga terdapat pada kulitnya. Lantas, apa saja sih manfaat kulit manggis bagi kesehatan tubuh?
 

Manfaat Kulit Manggis untuk Kesehatan

Manfaat kulit manggis berasal dari sejumlah bahan aktif di dalamnya. Contohnya seperti xanthone, flavonoid, saponin, dan tanin. Xanthone sendiri merupakan senyawa aktif yang bersifat antibakteri, antijamur, dan antiinflamasi.

Sejumlah senyawa aktif tersebut dapat membantu tubuh dalam menunjang kesehatan, sekaligus mengatasi sejumlah gangguan, seperti:

1. Menurunkan Kadar LDL

LDL adalah kolesterol jahat yang berperan dalam memicu gangguan kesehatan pada tubuh. Saat kadarnya rendah, kamu akan terhindari dari risiko stroke, penyakit jantung, tekanan darah tinggi, dan penyakit kronis lainnya.

2. Menunjang Kekebalan Tubuh

Manfaat kulit manggis selanjutnya adalah menunjang kekebalan tubuh. Manfaat yang satu ini terjadi karena kandungan dalam kulit manggis dapat membantu mengatasi gejala peradangan, sehingga daya tahan tubuh pun meningkat.

3. Mencegah Pertumbuhan Kanker

Manfaat kulit manggis ini didapatkan dari kandungan xanthone di dalamnya. Selain mencegah, senyawa aktif tersebut juga dapat menekan pertumbuhan sel abnormal kanker menjadi lebih ganas.

4. Mengatasi Peradangan Akibat Penyakit

Manfaat xanthone juga ampuh dalam mengatasi peradangan yang dipicu oleh radang sendi. Penyakit ini dapat menghambat aktivitas harian yang dilakukan karena sendi menjadi kaku dan sulit digerakkan.

5. Menurunkan Kadar Gula Darah

Cara Tepat Mengonsumsi Kulit Manggis

Manfaat kulit manggis akan terasa jika kamu mengonsumsi dengan cara yang tepat. Berikut ini cara mengolah kulit manggis agar bisa dikonsumsi:

  1. Bersihkan terlebih dulu.  Sebelum diolah, kamu harus membersihkan kulitnya terlebih dulu dengan mencuci menggunakan air yang mengalir.
  2. Potong kulit menjadi bagian kecil. Setelah dicuci bersih, potong kulit menjadi bagian kecil. Tujuannya agar kulit mudah diolah.  
  3. Kukus kulit manggis. Selanjutnya dikukus selama 3-5 menit saja. Tujuannya agar getah di kulit benar-benar hilang. 
  4. Haluskan kulit manggis. Setelah dikukus, kamu bisa menghaluskan per 100 gram kulit manggis yang sudah dicampur dengan 800 mililiter air dengan blender. 
  5. Rebus hingga matang. Langkah terakhir adalah merebus hingga matang. Jika dirasa terlalu pahit, kamu bisa menambahkan sedikit gula.

Penambahan gula tidak disarankan pada pengidap kondisi medis tertentu seperti diabetes. Jika ingin menambahkan gula, kamu bisa memilih gula yang lebih sehat, seperti gula kelapa dan sugar brown.

 

Sumber: halodoc. com

Konsultasikan masalah kesehatan Anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung telah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna.