Informasi Kesehatan

Kenali 5 Gejala Kolesterol Tinggi pada Wanita

Pure-Laser-Clinic-Jangan-Ragu-Konsultasi-Masalah-Kulit-ke-Dokter-Banyak-Manfaatnya-870x503.jpg

Bahaya Asam Lambung jika Dibiarkan Terus-menerus

Asam lambung merupakan salah satu zat yang berperan…

Inilah Tanda-tanda Kalau Kamu Kelebihan Gula Darah

angan remehkan kadar gula darah yang tinggi, karena…

Awas, Trigliserida Tinggi Berisiko Terserang Stroke

 Trigliserida adalah sejenis lemak (lipid) yang ditemukan dalam darah.…

“Kadar kolesterol tinggi dapat memengaruhi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Kondisi tersebut lebih umum dialami oleh wanita ketimbang pria dengan gejala kesemutan, lelah, nyeri pada rahang, dan lain-lain.”

Gejala Kolesterol Tinggi pada Wanita

Menurut jurnal Women’s cholesterol levels vary with phase of menstrual cycle, penelitian menunjukkan bahwa kadar kolesterol pada wanita bervariasi tergantung pada fase siklus menstruasi karena perubahan kadar estrogen. 

Jika kadarnya terlalu tinggi, berikut ini sejumlah gejala kolesterol tinggi pada wanita yang perlu diwaspadai:

1. Kesemutan pada Kaki dan Tangan

Tingginya kadar kolesterol pada tubuh dapat membuat aliran darah menjadi kental dan memengaruhi aliran normal darah pada saraf. Gangguan aliran darah tersebut akan menimbulkan sensasi kesemutan pada tangan dan kaki.

2. Mudah Merasa Lelah

Gejala kolesterol tinggi pada wanita selanjutnya adalah mudah merasa lelah. Hal ini terjadi karena munculnya plak di pembuluh darah yang menghambat aliran darah ke sel dan jaringan tubuh.

3. Sakit pada Rahang

Sakit pada rahang muncul akibat terhambatnya suplai darah ke jantung atau otak. Hambatan tersebut terjadi karena munculnya plak pada pembuluh darah jantung atau otak.

4. Nyeri di Bagian Dada

Nyeri ini terjadi akibat kolesterol mengendap pada aterosklerosis atau dinding arteri.

Akibatnya, endapan atau plak tersebut akan mengurangi aliran darah melalui arteri, sehingga menimbulkan keluhan seperti nyeri dada.

5. Timbulnya Xanthoma

Gejala kolesterol tinggi pada wanita yang terakhir adalah munculnya xanthoma. Kondisi ini ditandai dengan pertumbuhan lemak yang berkembang di bawah kulit atau organ dalam tubuh.

Sumber: halodoc. com

Konsultasikan masalah kesehatan Anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung telah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna.