Informasi Kesehatan

Penyebab Mudah Mengantuk dan Tips Mengatasinya

62e9069ecb200.jpg

Ini Daftar Sayuran untuk Penderita Asam Urat yang Boleh Dikonsumsi

Sayuran untuk Penderita Asam Urat Jika Anda mengalami…

Tips Persiapan Tes Lab yang Penting untuk Diketahui

"Tes lab dapat memberikan informasi penting tentang kondisi…

Serba-serbi Tes Widal untuk Diagnosis Penyakit Tifus

“Tifus adalah penyakit yang menyerang manusia akibat infeksi…

Rasa kantuk yang tak tertahankan dapat menghambat aktivitas sehari-hari. Faktor penyebab seseorang mudah mengantuk pun beragam, mulai dari kurang tidur, kelelahan, hingga kondisi medis tertentu. Lalu, bagaimana cara mengatasinya? Mari simak ulasan berikut ini.

Lamanya waktu tidur yang dibutuhkan orang dewasa adalah sekitar 7–9 jam sehari. Namun terkadang, Anda bisa saja masih merasa mengantuk walau sudah cukup tidur, atau bahkan sudah tidur lebih lama dari waktu yang dianjurkan.

Rasa kantuk yang tak tertahankan ini tentunya akan mengganggu aktivitas dan bisa membahayakan keselamatan Anda.

Faktor Penyebab Mudah Mengantuk

Mudah mengantuk sering kali disebabkan oleh bekerja lembur atau beraktivitas hingga larut malam (begadang). Hal ini menyebabkan jam tidur Anda berkurang dan mudah mengantuk keesokan harinya.

Selain itu, keluhan mudah mengantuk juga bisa disebabkan oleh beberapa hal lain, di antaranya:

Kondisi medis tertentu

Ada beberapa kondisi medis yang bisa membuat Anda menjadi mudah mengantuk, di antaranya:

  • Gangguan tidur, seperti narkolepsi, sleep apnea, serta insomnia dan hipersomnia
  • Diabetes
  • Kelainan hormon, misalnya hipotiroidisme
  • Gangguan elektrolit, seperti kekurangan atau kelebihan natrium, dan kelebihan kalsium
  • Sindrom kelelahan kronis
  • Jet lag

Masalah kejiwaan

Mudah mengantuk juga bisa disebabkan oleh masalah pada kondisi mental, emosional, atau psikologis, misalnya ketika Anda merasa bosan. Namun, mudah mengantuk juga bisa menjadi gejala dari beberapa gangguan kejiwaan tertentu, seperti gangguan cemas, stres berat, depresi, dan gangguan stres pascatrauma (PTSD).

Efek samping obat-obatan

Beberapa jenis obat, seperti obat tidur, obat penenang, dan obat antihistamin, dapat menimbulkan efek samping yang bisa membuat Anda mudah mengantuk setelah mengonsumsinya. Selain obat, konsumsi alkohol berlebihan juga bisa membuat Anda mudah mengantuk.

Penanganan untuk Kondisi Mudah Mengantuk

Penanganan mudah mengantuk tergantung pada penyebab yang mendasarinya. Jika kondisi ini disebabkan oleh kebiasaan tidur yang kurang baik atau sering beraktivitas hingga larut malam, maka keluhan mudah mengantuk bisa diatasi dengan beberapa hal berikut ini:

  • Atur dan jaga pola tidur yang teratur, dengan memenuhi waktu tidur yang cukup dan tidur pada jam yang sama tiap harinya
  • Konsumsi makanan bernutrisi seimbang dan kurangi makanan tinggi gula
  • Rutinlah berolahraga
  • Hindari kebiasaan merokok
  • Batasi konsumsi minuman beralkohol
  • Lakukan relaksasi untuk mengurangi stres, karena beban pikiran sering kali membuat susah tidur dan menyebabkan mudah mengantuk keesokan harinya
  • Ciptakan suasana yang nyaman untuk tidur, misalnya meredupkan cahaya di kamar dan mengatur suhu ruangan agar tidak terlalu dingin atau panas. Anda juga bisa menggunakan aromaterapi
  • Hindari kebiasaan membaca, bermain gadget, atau bekerja di kamar tidur

Jika beberapa cara di atas sudah dilakukan tetapi kualitas tidur tak juga membaik dan masih sering mengantuk, sebaiknya lakukan pemeriksaan ke dokter. Bisa jadi keluhan mudah mengantuk tersebut disebabkan oleh penyakit tertentu. Begitu juga jika keluhan ini sampai menyebabkan aktivitas sehari-hari Anda terganggu.

Anda juga dianjurkan untuk selalu berhati-hati jika mudah mengantuk, terutama saat beraktivitas atau mengemudi. Mengantuk bisa menyebabkan konsentrasi menurun, sehingga Anda sulit fokus dan tidak waspada.

 

Sumber : alodokter. com

Konsultasikan masalah kesehatan Anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung telah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna.