Informasi Kesehatan

Ini 7 Obat Biduran Berbahan Alami untuk Mengatasi Gejalanya

4-Obat-Alami-Ini-Ampuh-Atasi-Biduran.jpg

6 Gejala Cedera Lutut dan Cara Mengatasinya

“Selain menyebabkan bengkak dan nyeri, cedera lutut juga…

Ini Langkah Pengobatan Kaki O atau Genu Varum yang Bisa Ditempuh

"Dokter akan menentukan pengobatan kaki o berdasarkan tingkat…

Akupunktur

Pengertian Akupuntur  Akupunktur adalah praktik pengobatan tradisional dari Tiongkok yang…

"Berikut ini berbagai bahan alami yang dapat dimanfaatkan untuk mengatasi gejala biduran lidah buaya hingga minyak zaitun."

Mengalami bentol kemerahan dan gatal setelah digigit serangga adalah hal yang wajar. Namun, bagaimana bila bentol-bentol merah tersebut muncul tiba-tiba tanpa kamu sadari? Di dunia medis, kondisi ini bernama biduran atau urtikaria. 

Bentol-bentol akibat biduran biasanya muncul dalam jumlah banyak, dan ukurannya besar-besar, tetapi tidak sama satu dan yang lainnya. Kondisi ini seringkali juga terasa gatal sehingga sangat mengganggu.

Itu sebabnya, kamu perlu segera mengobatinya menggunakan obat biduran. Tak selalu dengan obat-obatan dari dokter, kamu bisa meringankan gejala ini dengan obat biduran alami seperti berikut ini! 

Obat Biduran Alami

Apa yang harus dilakukan ketika biduran? Pastikan kamu melakukan pengobatan dengan menggunakan obat biduran yang tepat agar kondisi ini dapat membaik. Kamu bisa menggunakan berbagai jenis obat-obatan medis hingga bahan alami. 

Nah, berikut berbagai bahan alami yang dapat dimanfaatkan untuk mengatasi gejala biduran.

1. Lidah buaya

Melansir dari National Center for Complementary and Integrative Health dengan judul Aloe Vera, lidah buaya bisa menjadi obat biduran yang efektif. Bahan alami ini memiliki kandungan anti inflamasi di dalamnya. Kondisi ini membuat lidah buaya mampu untuk mengurangi rasa gatal pada pengidap biduran.

LIdah buaya juga mampu melembapkan kulit, sehingga akan menurunkan risiko gatal atau peradangan pada pengidap biduran semakin memburuk.

Gunakan bagian daging lidah buaya dan oleskan langsung pada bagian kulit yang alami biduran. Lakukan secara rutin setiap hari untuk hasil yang maksimal.

2. Akar licorice

Akar licorice terkenal juga sebagai akar manis. Herbal ini terkenal sebagai salah satu penyedap makanan. Selain itu, tanaman ini juga sudah lama bermanfaat sebagai salah satu obat herbal yang bisa mengatasi beberapa gangguan kesehatan.

Salah satunya gangguan kesehatan pada kulit, seperti biduran. Melansir dari sebuah penelitian dalam Journal of Pharmaceutical Care (2020) dengan judul Licorice in the Treatment of Acne Vulgaris and Postinflammatory Hyperpigmentation: A Review, menemukan beberapa bahan aktif dalam herbal ini yang mampu mengatasi penyakit kulit.

Bahan aktif dalam akar manis yaitu glycyrrhiza spp, memiliki sifat antioksidan dan anti inflamasi yang berguna untuk mengatasi peradangan pada kulit. Sebuah studi klinis pada manusia, menunjukkan bahwa bahan aktif ini aman untuk digunakan manusia sebagai obat biduran.

Cari tahu juga berbagai bahan alami untuk atasi kulit gatal melalui artikel ini 11 Bahan Alami yang Bisa Jadi Obat Gatal pada Kulit.

3. Oatmeal

Obat biduran yang bisa kamu coba adalah oatmeal. Biji-bijian ini bisa mengatasi rasa gatal yang muncul akibat biduran.

Caranya, kamu bisa menggunakan oatmeal sebagai masker tubuh saat mandi. Usapkan campuran oatmeal dan air secara perlahan pada bagian-bagian tubuh yang mengalami biduran. 

Selain itu, menurut Journal of Drugs in Dermatology dengan penelitian berjudul Anti-inflammatory activities of colloidal oatmeal (Avena sativa) contribute to the effectiveness of oats in treatment of itch associated with dry, irritated skin, sifat antiinflamasi pada oatmeal terbilang cukup efektif untuk mengatasi peradangan yang memicu rasa gatal pada pengidap biduran.

Namun, pastikan kamu membilas tubuh dengan air yang tidak terlalu panas untuk menurunkan kembali risiko kulit menjadi gatal.

4. Es batu

Hindari mengompres bagian kulit yang mengalami biduran dengan kompres panas. Selain menambah rasa gatal, mengompres panas meningkatkan risiko iritasi kulit. 

Sebaliknya, manfaatkanlah es batu untuk meringankan gejala biduran. Gunakan es batu yang kamu balut dengan kain. Gunakan kompres dingin pada bagian kulit yang mengalami biduran Obat biduran alami yang satu ini cukup efektif untuk mengurangi rasa gatal dan bentol.

Namun, jangan mengaplikasikan es langsung ke bagian kulit yang biduran. Bukannya mereda, hal ini justru bisa membuat kulit mudah teriritasi. Pastikan kamu membalutnya dengan handuk atau kain terlebih dahulu.

5. Minyak kelapa

Kamu dapat mencoba mengolesi bagian kulit yang gatal dan bengkak akibat biduran dengan minyak kelapa. Obat biduran alami yang satu ini mengandung pelembap dan anti bakteri sehingga efektif mengatasi biduran.

6. Minyak zaitun

Minyak zaitun menjadi salah satu obat biduran alami yang bisa membantu kamu meredakan biduran. Bahan alami ini mengandung vitamin E dan antioksidan yang sangat baik untuk melembapkan dan melembutkan kulit.

Kulit yang terlalu kering dapat memicu perburukan biduran. Jadi, sebaiknya pastikan kulit dalam kondisi yang lembap. Contohnya dengan menggunakan berbagai produk perawatan kulit yang mengandung minyak zaitun.

7. Witch hazel

Witch hazel merupakan tanaman herbal yang memiliki senyawa antioksidan, anti peradangan, hingga antibakteri. Antioksidan di dalamnya merupakan tanin dan polifenol yang bisa membantu meredakan iritasi pada kulit. Tentunya, hal ini akan bermanfaat untuk mengurangi peradangan yang memicu rasa gatal, dan munculnya ruam pada pengidap biduran.

sumber: alodokter . com

Konsultasikan masalah kesehatan Anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung telah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna