Informasi Kesehatan

Bernutrisi, Kenali 7 Manfaat Kismis Kuning bagi Kesehatan

Golden_Seedless_Raisins_Kismis_Kuning_Emas_Tanpa_Biji_Bergiz.jpg

Mata Kedutan Mendadak, Ini Faktor Penyebabnya

“Tak sedikit orang menganggap mata kedutan karena mitos,…

Siklus Menstruasi Tidak Normal, Kapan Harus ke Dokter?

"Beberapa wanita mengalami siklus menstruasi yang tidak normal.…

Hiperpnea, Penyebab dan Pertolongan Pertama yang Perlu Dilakukan

Hiperpnea adalah kondisi ketika pernapasan lebih dalam dan…

“Kismis kuning mengandung antioksidan yang bermanfaat untuk kesehatan. Berkat kandungan tersebut, buah kering ini mampu mengeluarkan racun dan mencegah penyakit kronis.”

Kismis kuning termasuk buah kering hasil dari anggur yang sudah melalui proses pengeringan dengan mesin. Jika mendengar kismis, yang familiar adalah kismis yang berwarna hitam. Padahal, kismis kuning punya sejumlah manfaat untuk kesehatan yang tak kalah bagus. 

Salah satunya membantu menambah berat badan. Pasalnya, anggur yang sudah dikeringkan ini mengandung fruktosa dan glukosa yang lumayan tinggi. Kedua zat tersebut mampu menambah energi yang cukup besar untuk tubuh kamu. Jangan khawatir, kismis bisa membantu menambah berat badan tanpa mengakumulasi kolesterol jahat.

Manfaat Kismis Kuning untuk Kesehatan

Selain membantu menambah berat badan, berikut manfaat kismis kuning lainnya:

1. Membantu mengeluarkan racun

Kismis kuning mengandung kalium dan magnesium yang membantu mengeluarkan racun dalam tubuh. Kedua zat tersebut bekerja dengan mengurangi keasaman dalam tubuh. Keluarnya racun dalam tubuh bisa mencegah mencegah penyakit radang sendi, asam urat, batu ginjal dan penyakit jantung.

2. Menjaga kesehatan mata

Kandungan fitonutrien polifenol pada kismis membantu menjaga kesehatan mata. Jenis antioksidan tersebut juga dapat mengurangi radikal bebas yang bisa mengganggu fungsi penglihatan sampai memicu katarak.

3. Menjaga kesehatan mulut

Jenis fitonutrien lainnya, seperti asam oleanolic dan linoleic punya sifat anti bakteri. Studi telah menemukan bahwa efek ini dapat membatasi bakteri pembentuk plak di mulut .Zat tersebut juga membantu menyeimbangkan pH sehingga mencegah air liur menjadi terlalu asam.

4. Menjaga kesehatan jantung

Kismis dapat mengurangi tekanan darah dan gula darah sehingga masalah jantung bisa diminimalisir. Serat di dalamnya juga membantu menurunkan kolesterol jahat pemicu masalah jantung. 

5. Menguatkan tulang

Walaupun kadar kalsiumnya tidak setinggi susu, kismis tetap bisa menjaga kekuatan tulang. Buah kering ini adalah sumber utama boron, zat gizi mikro yang dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlah kecil. Zat tersebut amat penting untuk pembentukan tulang dan penyerapan kalsium. 

Kadar potasium dalam kismis juga lumayan tinggi. Hal ini membantu memperkuat tulang dan juga mendorong pertumbuhan tulang sehingga risiko osteoporosis bisa diminimalisir. 

6. Mengatasi sembelit

Kandungan serat buah kering ini cukup tinggi. Jika dikonsumsi rutin, kismis bisa melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit. 

7. Menurunkan risiko penyakit kronis

Jika dibandingkan dengan buah kering lainnya, kadar antioksidan dalam kismis ternyata lebih tinggi. Nah, proses pengeringan yang telah dilalui ternyata bisa mempertahankan antioksidan ini.

Fitonutrien mampu mencegah kerusakan sel yang disebabkan faktor alami seperti penuaan dan perilaku gaya hidup. Antioksidan tersebut terbukti mengurangi risiko penyakit seperti diabetes, osteoporosis, dan kanker. 

 

Sumber: alodokter. com 

Konsultasikan masalah kesehatan anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung sudah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna.