Informasi Kesehatan

Mengenal Olahraga Polo Air, Manfaat dan Tekniknya

polo-air.jpg

Begini Cara Membersihkan Kotoran Telinga dengan Benar dan Aman

Cara membersihkan kotoran telinga yang paling sering dilakukan…

Kenali 5 Manfaat Jus Tomat untuk Kesehatan Tubuh

Salah satu cara untuk menikmati buah tomat adalah…

Star Syndrome, Ini Tanda-Tanda dan Cara Menghindarinya

Merasa seperti bintang yang bersinar terang dan menjadi…

“Polo air termasuk salah satu olahraga yang dapat menyehatkan tubuh, sebab dapat membakar kalori serta melatih tubuh secara keseluruhan. Jika ingin mencoba olahraga ini, sebaiknya tahu beberapa teknik dasarnya.”

Polo air merupakan salah satu olahraga yang dilakukan di air. Meski kurang umum dimainkan di Indonesia, ternyata olahraga ini dapat membakar banyak kalori dan tentunya menyehatkan. Selain itu, ada banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan saat melakukan olahraga ini secara rutin bagi kesehatan.

Manfaat Olahraga Polo Air untuk Kesehatan

Polo air merupakan olahraga intens yang hanya boleh berenang di atas permukaan air. Olahraga ini terdiri dari dua tim dengan tujuan membobol gawang lawan untuk mendapatkan kemenangan. Selain itu, polo air merupakan kombinasi antara sepak bola dan bola basket, tetapi dilakukan di kolam renang.

Ada beberapa manfaat kesehatan yang bisa didapatkan dari olahraga ini, antara lain:

1. Membakar kalori

Saat bermain polo air, kamu bisa membakar lemak yang berdiam di dalam tubuh. Kamu tidak diperbolehkan menyentuh dasar kolam selama melakukan permainan ini, sehingga harus terus berenang dan menjaga tubuh tetap di atas air.

Gerakan konstan ini dapat membakar kalori, sehingga penurunan berat badan terjadi.

2. Membangun daya tahan

Olahraga air ini juga dapat meningkatkan stamina dan daya tahan seseorang. Hal ini dapat membuat seseorang dapat berolahraga lebih lama tanpa lelah, sehingga menjadi lebih kuat. 

Bukan hanya itu, aktivitas sehat ini juga mampu mengurangi stres oksidatif, lho.

3. Melatih tubuh secara menyeluruh

Faktanya, tidak ada bagian tubuh yang diam selama bermain polo air. Kamu bergerak menggunakan kaki, memutar tubuh dengan otot intim serta menangkap atau melempar dengan tangan.

Semua bagian tubuh terlibat, sehingga meningkatkan kekuatan tubuh secara merata.

4. Meredakan stres

Saat bermain polo air, kamu bisa mengurangi perasaan tegang pada tubuh. Sejalan dengan waktu, mental kamu terus tumbuh mengikuti fisik yang semakin kuat.

Semakin sering melakukan olahraga ini, perasaan stres terus menurun atau bahkan menghilang.

Kamu bisa mendapatkan berbagai manfaat tersebut saat rutin bermain polo air. Mungkin sulit dimainkan saat baru pertama kali, tetapi lama-kelamaan menjadi terbiasa dan akhirnya semakin cakap saat memainkannya.

Teknik Olahraga Polo Air

Jika kamu memiliki keinginan untuk memainkan olahraga ini, ada beberapa teknik yang perlu diketahui sebelumnya, antara lain:

1. Eggbeater method

Metode ini paling dasar yang perlu dipelajari untuk menggerakkan kaki dengan gerakan melingkar di bawah air, berguna untuk menjaga kestabilan tubuh. Eggbeater terbagi menjadi dua jenis, yaitu horizontal dan vertikal. 

Jenis horizontal untuk bergerak maju ke arah lawan dan untuk memblokir bola. Sedangkan vertikal berguna untuk menjaga posisi diri lebih tinggi dari lawan.

2. Mengambil bola

Saat mengambil bola dan mampu mencengkram dengan baik, seluruh jari harus terbagi secara merata di atas massa bola. Pemain dapat memilih untuk mengambil bola di atas atau di bawah air.

Seseorang kerap mengambil bola dari atas air untuk menembak, lalu mengambil dari bawah air dengan tujuan menggiringnya.

3. Mengoper bola

Kamu bisa memindahkan bola dari satu pemain ke pemain lainnya, tetapi tidak boleh dilakukan di bawah air. Ada dua jenis operan dalam polo air, yaitu:

  • Operan kering: Saat mengoper bola tanpa menyentuh air. Tujuannya adalah memudahkan rekan setimnya untuk menangkap bola.
  • Operan basah: Tindakan ini digunakan untuk mendaratkan bole dengan sengaja di atas air. Cara ini merupakan strategi serangan yang sangat kuat.

Nah, itulah berbagai manfaat dan teknik olahraga polo air yang perlu diketahui jika memutuskan untuk mencobanya. Dengan memahami semua hal ini, kamu bisa jadi lebih cakap saat bermain pertama kali, tentunya juga dapat membuat tubuh lebih sehat.

 

Sumber: halodoc. com

Konsultasikan masalah kesehatan anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung sudah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna.