Informasi Kesehatan

Selain Gigi Berlubang, Ini Masalah Lainnya pada Gigi yang Harus Diwaspadai

Gigi-Berlubang.jpg

Pengidap Hepatitis Sebaiknya Hindari 8 Makanan Ini

Makanan Pantangan Pengidap Hepatitis Perlu diingat bahwa pola…

Asam Lambung Naik Saat Puasa, Begini Cara Mengatasinya

Asam lambung naik saat puasa tentu bisa mengganggu…

Catat, Ini 7 Cara Ampuh Untuk Mencegah Radang Pernapasan

“Mencegah radang pernapasan dapat dilakukan dengan menjaga kebersihan…

“Gigi yang berlubang merupakan salah satu penyebab paling umum dari sakit gigi dan sering dijumpai di berbagai kalangan usia. Namun, tidak hanya itu, kondisi gigi lain seperti gigi bungsu, dan karies gigi juga perlu diwaspadai.”

Salah satu hal yang sering kali menjadi penyebab sakit gigi adalah kondisi gigi yang berlubang. Namun, sebenarnya masih ada berbagai kondisi lainnya yang bisa membuat seseorang mengalami sakit gigi. 

Contohnya adanya karang gigi, kurang menjaga kebersihan mulut, hingga gigi sensitif. Mau tahu lebih jauh mengenai masalah pada gigi yang perlu diwaspadai? Berikut ulasannya!

Penyebab Sakit Gigi yang Perlu Diwaspadai

Selain tidak menjaga kebersihan mulut, sakit gigi juga bisa disebabkan hal-hal lain seperti infeksi maupun peradangan gusi. 

Nah, penting untuk mengetahui penyebab sakit gigi terlebih dahulu sebelum menentukan hal yang perlu dilakukan untuk mengatasinya. Berikut masalah pada gigi yang perlu kamu waspadai:

1. Penyakit gusi

Kesehatan gigi juga dipengaruhi oleh kondisi gusi. Gusi yang memiliki masalah seperti gingivitis (peradangan gusi) dan periodontitis (infeksi gusi yang lebih serius) dapat melukai gigi secara menyeluruh.

Pasalnya, kedua kondisi ini adalah jenis penyakit periodontal yang mempengaruhi jaringan pendukung gigi, termasuk gusi, tulang, dan ligamen periodontal yang menghubungkan gigi ke tulang rahang. Gejala yang ditimbulkan berupa gusi merah, bengkak, berdarah saat menyikat gigi, serta gigi yang terasa longgar.

2. Gigi Sensitif

Selanjutnya adalah gigi sensitif yang merupakan masalah paling umum dari sakit gigi. Gigi yang sensitif dapat menyebabkan rasa tidak nyaman atau nyeri saat mengonsumsi makanan atau minuman yang panas, dingin, manis, atau asam. 

Gigi yang sensitif biasanya dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti penipisan gusi, retak pada gigi, dan hilangnya lapisan email gigi.

3. Bruxism

Masalah gigi yang lain adalah kebiasaan menggeretakkan gigi pada saat tidur atau ketika stres. Kondisi ini dikenal sebagai bruxism. Bruxism dapat menyebabkan kerusakan gigi, nyeri rahang, sakit kepala, hingga masalah tidur.

4. Perubahan warna pada gigi

Yang terakhir adalah kondisi ketika gigi mengalami perubahan warna. Sebelumnya, perlu diingat bahwa warna gigi yang sehat bukanlah putih, melainkan putih kekuningan. 

Nah, apabila gigi menjadi lebih menguning bahkan disertai dengan bintik-bintik hitam, umumnya kondisi ini disebabkan karena konsumsi rokok yang berlebihan. Untuk mengatasi hal ini, biasanya dokter akan merekomendasikan untuk melakukan prosedur pemulihan gigi.

Sumber: halodoc. com

Konsultasikan masalah kesehatan Anda di Klinik Pelita Sehat; klinik BPJS Bogor dan klinik terfavorit keluarga. Klinik Pelita Sehat memiliki 5 cabang yang tersebar di Kota Bogor dan Kabupaten Bogor. Klinik Pelita Sehat cabang Pomad dan Klinik Pelita Sehat cabang Bangbarung telah memperoleh akreditasi dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dengan nilai akreditasi Paripurna.